5 Cara Untuk Merawat Wajah yang Berjerawat

5 Cara Untuk Merawat Wajah yang Berjerawat

Wajah tanpa jerawat adalah idaman bagi semua orang. Tetapi, tidak semua orang beruntung mendapatkannya. Banyak dari kita yang harus berjuang melawan jerawat setiap saat. Belum lagi, kita suka memakai produk yang salah sehingga jerawat kita justru malah semakin parah. Padahal, tidak sulit merawat wajah yang berjerawat.

Merawat wajah yang berjerawat memang tidak sulit karena kuncinya harus rajin. Wajah menjadi jerawatan disebabkan berbagai hal yang nantinya akan kita bahas. Seperti halnya gejala pada bagian tubuh yang lain, jerawat juga mempunyai beragam bentuk. Adanya tambahan pengetahuan mengenai bentuknya, maka harapannya kita pandai menempatkan dan menjaga diri meski butuh pengorbanan.

Wajar jika setiap orang kadang bingung untuk menghilangkannya agar jerawat yang mereka miliki tidak dilihat orang lain. Merawat wajah sebenarnya dapat dilakukan secara rutin tanpa harus melihat faktor penyebab lainnya. Jerawat tidak akan muncul jika kesehatannya terjaga dengan baik.

Biasanya wanita merasa tidak percaya diri jika di wajahnya terdapat jerawat. Wajah adalah bagian paling penting dari setiap orang. Hal pertama yang dilihat ketika bertatapan langsung yaitu bagian wajah.

Apa itu Jerawat?

Mengetahui definisi jerawat akan membantu kita ingin melakukan perawatan wajah secara rutin. Jerawat memang dibenci oleh kebanyakan orang yang sering mengalaminya. Apalagi jika bentuknya termasuk jerawat yang membuat wajah tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Adapun kelebihan mengetahui pengertian jerawat yaitu memudahkan kita untuk menjaga kesehatan diri. Selain itu, kondisi lingkungan sekitar yang sudah tercemar oleh beragam bahan-bahan kimia. Hal tersebut terjadi juga karena pengaruh globalisasi dan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Biasanya kaum hawa yang paling rajin mencari informasi mengenai jerawat dan penyakit kulit lainnya. Hal tersebut dapat dipahami karena wanita tabiatnya suka berdandan. Jika ada bagian dari diri mereka yang aneh dan menimbulkan malu, biasanya mereka langsung mencari tahu penyebabnya dan konsultasi dengan ahli. Itu biasanya tindakan dari wanita di kalangan masyarakat tertentu.

Adapun pengertian dari jerawat akan diulas sebagai berikut. Setelah mengetahuinya, maka harapannya kita rajin merawat wajah berjerawat jika terjadi pada diri Anda khususnya. Jerawat merupakan kondisi kulit yang meradang akibat serangkaian pemicu. Serangkaian pemicu inilah yang menjadikan jerawat harus diwaspadai dan dicegah sedini mungkin. Berikut beberapa faktor pemicu yang menyebabkan timbulnya jerawat antara lain.

  • Adanya aktivitas hormon. Hormon memengaruhi produktivitas kelenjar minyak. Kelenjar minyak inilah yang membedakan kondisi wajah pada masing-masing orang. Jika produktivitas kelenjar minyak ini berlebihan, maka kemungkinan besar mudah muncul jerawat. Karenanya, tidak heran jika jerawat menjadi bagian kehidupan remaja. Menjelang masa menstruasi, wanita juga sering mendapati jerawat di wajah pada umumnya. Akan tetapi, bukan berarti saat dewasa kita lepas dari jerawat. Siapa pun dan dalam usia berapa pun bisa mendapatkan jerawat di wajahnya. Oleh karena itu, remaja putri perlu adanya tambahan ilmu dan wawasan mengenai hal ini. Mereka sebenarnya dapat mencari tahu informasi tersebut melalui berbagai media. Tapi alangkah baiknya juga, jika orang tua memberikan gambaran kepada anaknya yang sudah menjadi seorang remaja putri.
  • Pengelupasan kulit mati yang berlebihan akibat dari pemakaian produk kecantikan yang berlebihan. Inilah salah satu kebiasaan wanita, di setiap usia mereka. Saat ini, produk kecantikan dari beragam produsen mulai bervariasi kegunaannya.Wajar jika kaum hawa sering tergoda karena pengaruh iklan produk kecantikan tersebut. Namun kewajaran itu menjadi suatu kekhawatiran karena wanita mudah tergoda untuk pindah dari produk satu ke produk lainnya dengan alasan mencari produk yang terbaik untuk tubuh utamanya wajah. Oleh karena itu, sudah menjadi suatu keharusan bagi wanita untuk berhati-hati dan teliti ketika memilih produk kecantikan. Semuanya disesuaikan dengan kondisi kulit wanita tersebut. Rasa gengsi dapat dikesampingkan karena kesehatan kulit lebih utama daripada produk yang tidak cocok bagi kulit wanita.
  • Adanya bakteri dalam pori-pori bernama propionibacterium acnes (P. acnes). P. acnes menyukai kulit mati dan minyak yang berlebihan. Lingkungan ini membantu P. acnes berproduksi dan membuat kulit merah meradang hingga menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar Anda juga sangat penting dilakukan. Bukan hanya untuk mencegah terjadinya jerawa saja, tapi juga untuk menjaga kesehatan diri Anda.
  • Kulit yang teriritasi. Akibat tidak cocok dengan produk perawatan, jerawat bisa muncul. Saat ini, wanita modern sering melakukan perawatan wajah. Mereka tidak peduli berapa banyak uang yang harus mereka keluarkan untuk perawatan tersebut. Hal itulah yang menjadikan kulit mudah mengalami iritasi karena tidak cocok atau sifat bahan yang terlalu keras pada kulit. Oleh karena itu, seharusnya sebelum melakukan perawatan, Anda memilih tempat yang produknya sesuai dengan kulit Anda atau Anda sudah membawa sendiri produknya.
  • Sensitivitas terhadap makanan atau obat tertentu. Meski jarang terjadi, jerawat bisa menjadi petunjuk kalau kita tidak cocok pada obat atau makanan tertentu. Saat ini, kedua hal tersebut harus diperhatikan pemilihan dan pemanfaatannya. Beragam jenis makanan dan obat harus disesuaikan dengan kebutuhan dan sudah melakukan konsultasi dengan dokter ataupun ahli.

Bentuk-bentuk Jerawat

Selanjutnya, kita akan menambah pengetahuan kita mengenai bentuk-bentuk jerawat. Hal tersebut penting diketahui agar kita dapat mencegah jerawat sedini mungkin. Jika terjadi pada wajah, maka merawat wajah berjerawat dapat diupayakan dengan optimal.

Berikut beberapa jerawat dengan banyak bentuk, antara lain.

  • Jerawat biasa (pimples), biasanya ditunjukkan dengan iritasi kulit memerah yang ada isinya.
  • Jerawat nasi (cyst). Bentuk jerawat ini mengandung isi yang keras atau agak keras.
  • Komedo terbuka (blackheads), bentuknya berupa jerawat dengan bagian atas berwarna hitam.
  • Komeda tertutup (whiteheads), bentuknya berupa jerawat kecil berwarna putih karena pori-pori kulit yang terhambat.

Demikianlah bentuk-bentuk dari jerawat dengan disertai petunjuknya. Jika diantara kita ada yang mengalami salah satu bentuk jerawat tersebut, maka upaya perawatan segera dapat Anda lakukan. Berikut penjelasan mengenai beberapa tips merawat wajah berjerawat.

Merawat Wajah Berjerawat

Jika Anda telah mengalami jerawat, jangan panik. Anda tetap bisa merawat wajah berjerawat Anda. Jika Anda tidak mengalaminya, maka Anda dapat melakukannya sebagai pencegaahan atau disampaikan kepada orang yang mengalaminya. Silakan mencoba melakukan tips berikut ini.

  1. Rajin membersihkan wajah. Membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, yaitu saat Anda mandi pagi dan pada malam harinya setelah Anda usai beraktivitas dan hendak berangkat tidur. Janan lupa menggunakan produk yang berbahan dasar air dan tidak mengeringkan wajah. Jika dilakukan secara rutin, usaha merawat wajah berjerawat Anda akan berhasil.
  2. Membunuh bakteria penyebab jerawat. Caranya yaitu dengan menggunakan produk yang mengandung sulfur atau benzoyl peroxide. Benzoyl peroxide tersedia di apotek atau toko obat dalam persentase 2,5%, 5%, dan 10%. Silakan memulainya dari yang paling kecil, yaitu 2,5%.
  3. Melakukan pengelupasan kulit mati dengan produk yang mengandung BHA (Beta Hydroxy Acid). Produk ini tersedia dalam formulasi 1% dan 2% Salicylic Acid dengan bentuk gel atau lotion. Anda juga dapat menggunakan scrub. Akan tetapi, hati-hati karena produk yang kental bisa menyumbat pori-pori. Alih-alih sehat, usaha merawat wajah berjerawat Anda terancam gagal.
  4. Memperbaiki sel kulit Anda dengan produk yang mengandung tretinoin. Demi keamanan Anda, jangan lupa mengkonsultasikan penggunaannya dengan dokter kulit.
  5. Mengurangi produksi minyak dengan masker. Untuk merawat wajah berjerawat, gunakanlah masker wajah Anda seminggu sekali. Anda dapat menggunakan masker yang tersedia di toko atau membuatnya sendiri.

Demikianlah tips untuk merawat wajah berjerawat yang dapat Anda coba lakukan secara rutin dan maksima. Silakan juga melakukan langkah-langkah di atas secara teratur dan konsisten. Niscaya jerawat Anda akan cepat hilang.

Jika masalah terus berlanjut, silakan segera menghubungi dokter kulit. Anda mungkin membutuhkan perawatan laser, obat antibiotik, atau perawatan lainnya yang hanya bisa dilakukan oleh dokter. Semoga ulasan ini memberikan manfaat bagi kita. Selamat mencoba.

Tags:

About the Author

Related Post

Submit a Review

Display Name

Email

Title

Message